Jumat, 22 Februari 2013

mengatur perencanaan keuangan Pernikahan


Masalah keuangan bisa menjadi salah satu hal yang mengacaukan hubungan berpasangan. Komunikasi dan keterbukaan pada pasangan untuk mengatur perencanaan keuangan sangat dibutuhkan untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Menurut psikolog klinis Dr Brad Klontz, yang juga penulis buku Mind Over Money dan CEO YourMentalWealth.com, setidaknya ada empat hal mendasar yang harus dibahas ketika mengawali perkawinan.

1. Beban keuangan. "Anda tidak benar-benar mengenal satu sama lain dengan baik sampai Anda membicarakan berbagai hal tentang gaya belanja, tujuan keuangan, sampai hutang-hutang Anda," ungkap Klontz. Kejujuran tentang masalah keuangan, dan bagaimana masalah ini ditangani dengan baik bisa membantu pasangan memahami beban keuangan yang dihadapi. Ketika memiliki masalah keuangan, sebaiknya tidak merahasiakannya dari pasangan. Bila pasangan mengetahui masalah ini tanpa sengaja, akibatnya akan lebih buruk karena ia menganggap Anda tak jujur padanya.

2. Batas pengeluaran. Setiap orang memiliki gaya belanja yang berbeda. Namun ketika sudah menikah seharusnya Anda bisa mengendalikan keinginan belanja, dan tidak lagi berpikir tentang kesenangan Anda sendiri. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam hal kebiasaan belanja adalah adanya perbedaan persepsi mengenai batas pengeluaran pribadi. "Putuskan berapa besarnya batas pengeluaran yang bisa diterima, dan sebaiknya ini merupakan kesepakatan bersama," tukasnya. Sampai saat ini banyak masalah yang terjadi akibat adanya perbedaan pendapat dan kesalahpahaman pasangan tentang berapa batas uang yang bisa mereka simpan atau belanjakan.

3. Rencana keuangan. Biasakan untuk membuat rencana keuangan selama sebulan agar terjadi keseimbangan dalam pendapatan dan pengeluaran. Kemudian, lakukan evaluasi terhadap rencana keuangan Anda setelah sebulan berjalan. Cobalah untuk meneliti apakah rencana keuangan tersebut berjalan dengan baik untuk Anda dan pasangan Anda? "Jika salah satu dari Anda mengatakan 'tidak', maka negosiasi ulang rencana keuangan ini harus dilakukan agar lebih pas dan menyenangkan untuk Anda berdua," tukasnya.

4. Konsultasi keuangan. Terkadang ada banyak masalah keuangan yang tidak bisa diatasi pasangan untuk mengelola keuangan. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan pakar keuangan, atau setidaknya orang lain yang dianggap memahami problem keuangan, agar pasangan mendapat solusi baru untuk memecahkan masalah keuangan dengan lebih ba-
BACA SELENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Terbaru

Artikel Populer

 

Design By: SkinCorner
Dari Dagangku.com, Jasa Video Shooting jakarta