Minggu, 24 Februari 2013

Mengatasi Cemburu Terhadap Pasangan


Cemburu boleh dan sah-sah saja asal tidak berlebihan dan melampaui batas. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa cemburu dalam sebuah hubungan diambil dari lovevirtue.com :

1. Bicarakan dengan pasanganmu
Diskusikan dengan pasanganmu apa yang kamu rasakan. Katakan bahwa kamu mencintainya tetapi kamu merasa cemas dan gelisah dengan hubungan kalian. Jika pasanganmu benar-benar masih mencintaimu, dia akan menjelaskan semuanya dan menenangkan dirimu. Dengan itu, kalian berdua akan semakin yakin dengan komitmen kalian.

2. Belajar dari masa lampau
Apabila kamu pernah mengalami kegagalan dalam sebuah hubungan karena masalah cemburu, belajarlah dari situ dan gunakan pengalamanmu untuk berperilaku lebih baik. Kamu akan menyadari bahwa rasa cemburu yang berlebihan tidak akan membuat hubunganmu lebih baik.

3. Bangun kepercayaan dirimu
Orang yang percaya diri tidak akan mudah cemburu karena mereka tidak memiliki alasan untuk menjadi takut terhadap orang lain. Sadarilah bahwa pasanganmu memilih dirimu karena kamu memiliki sesuatu yang spesial dalam dirimu dan karena itu ia tidak akan tergoda oleh orang lain.

4. Berpikirlah positif (fokus pada kenyataan)
Fokus terhadap apa yang terjadi, bukan apa yang kamu anggap akan terjadi, karena seiring berjalannya waktu, kamu lama kelamaan akan sulit membedakan antara mana yang fakta dan mana yang fiksi. Kamu tentu tidak ingin tiap hari kamu menghabiskan waktumu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, bukan? Jangan biarkan imajinasimu menentukan orang seperti apa dirinya sebenarnya.

5. Sadari konsekuensinya
Apapun penyebabnya atau kapanpun itu terjadi, rasa cemburu bisa membuat banyak tekanan di hidupmu. Terlalu banyak tekanan akan membawamu ke tindakan yang tak terkendali. Ingatlah bahwa kecemburuan dalam sebuah hubungan hanya akan membuat segalanya bertambah buruk. Kekerasan fisik, mental, dan berakhirnya sebuah hubungan adalah beberapa konsekuensi dari rasa cemburu yang berlebihan.

6. Jangan posesif
Seringkali, akar dari rasa cemburu datang dari keinginan kita untuk mengontrol seseorang. Bagaimanapun, kamu harus menyadari bahwa tidak mungkin orang lain selalu bertindak sesuai yang kamu mau, dan meskipun kamu bisa menyebut seseorang itu kekasihmu, bukan berarti kita memiliki dirinya sepenuhnya. Biarkan ia bertindak sesuai yang ia mau selama masih dalam batas komitmen kalian.

7. Tetapkan aturan di awal
Cobalah untuk menetapkan aturan-aturan umum apa yang dapat dan tidak dapat diterima olehmu dan oleh pasanganmu. Dengan itu, kalian berdua akan memiliki dasar dan batasan untuk bertindak


8.Jangan bertindak secara berlebihan
Tidak ada yang salah dengan rasa cemburu, selama kamu dapat menahan dan menyalurkannya dengan cara yang positif. Ingatlah bahwa saat melihat orang lain menggoda pasanganmu adalah sesuatu yang normal -- anggap saja itu sebagai sanjungan untuk kalian berdua. Selama orang lain tidak berbuat macam-macam, apa masalahnya?

Ingatlah bahwa rasa percaya adalah dasar dari setiap hubungan, dan kamu seharusnya tidak membiarkan ketakutanmu menghancurkan hubunganmu. Tetapi apabila semuanya sudah berjalan melewati batas, kamu harus bertindak tegas-
BACA SELENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Terbaru

Artikel Populer

 

Design By: SkinCorner
Dari Dagangku.com, Jasa Video Shooting jakarta